Kiat Memilih Alat Selam yang Tepat untuk di Permukaan Perairan

Saat berlibur, banyak yang memilih untuk berlibur di pantai ataupun di pulau tertentu yang menawarkan keindahan alam seperti keindahan bawah.

Saat berlibur, banyak yang memilih untuk berlibur di pantai ataupun di pulau tertentu yang menawarkan keindahan alam seperti keindahan bawah air. Agar bisa berlibur dengan lebih maksimal, tidak jarang yang membawa beragam perlengkapan yang sudah dimiliki atau yang baru dibeli dari toko online misalnya masker. Alat selam  ini cocok untuk digunakan jika Anda hendak atau ingin untuk melakukan snorkeling. Snorkeling sendiri merupakan kegiatan berenang atau menyelam yang hanya dilakukan di permukaan perairan.

Alat Selam

Seringkali di sekitar pantai atau tempat wisata tersebut terdapat penyewaan alat untuk snorkeling. Untuk memilih alat snorkeling yang tepat tersebut, ada beberapa kiat pilih yang bisa membantu Anda. Pertama adalah untuk memilih masker. Masker sendiri adalah kacamata yang menutup hingga bagian hidung. Masker digunakan tidak hanya untuk melindungi mata Anda dari rasa perih karena air laut namun juga untuk memungkinkan agar Anda dapat melihat di dalam lautan. Untuk memilih masker yang tepat, maka Anda harus pilih jenis masker yang terbuat dari bahan yang berkualitas. Umumnya, masker yang nyaman untuk menyelam terbuat dari silikon.

Kemudian Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Coba rasakan apakah Anda nyaman saat menggunakannya karena nantinya akan berpengaruh pada kenyamanan Anda saat di dalam air. Cara pengetesan apakah masker tersebut nyaman untuk dipergunakan adalah:

  • Gunakan masker terlebih dahulu.
  • Cobalah untuk menghirup udara dari hidung lalu tahan nafas Anda selama beberapa detik dan kemudian goyangkan kepala Anda.
  • Cek apakah saat Anda menggoyangkan kepala Anda masker tetap bertahan di muka atau tidak. Jika masker tetap di kepala Anda dan tidak melorot atau lepas, maka ukuran masker tepat atau pas untuk Anda dan usahakan agar masker tersebut menempel dengan sempurna di wajah Anda agar air tidak masuk ke bagian dalam masker.

Kedua adalah memilih snorkle. Alat selam ini berbentuk seperti pipa yang fungsinya adalah untuk alat bantuan pernafasan. Umumnya, jenis snorkel ini ada 2 jenis yaitu:

  • Semi dry snokle splash guard. Jenis snorkle ini punya splash guard yang umumnya juga sudah dilengkapi dengan adanya tube yang fleksibel dan katup pembersih. Jenis snorkle ini tidak hanya bisa menghindari cipratan air yang masuk ke bagian dalam selang namun juga untuk menjaga air sehingga tidak masuk ke selang saat Anda menyelam dan terdapat gelombang yang besar.
  • Dry snorkle yang cocok untuk tetap bisa bernafas dengan mulut walau dalam air karena adanya dry velvet di atas snirkle.

Untuk memilih jenis snorkle yang tepat, caranya:

  • Pilih yang ukurannya tidak terlalu panjang dan diameternya cukup lebar sehingga memudahkan Anda untuk bisa bernafas lewat snorkle.
  • Pilih yang lentur atau elastis sehingga nyaman digunakan.
  • Sesuaikan dengan kenyamanan Anda, apakah nyaman untuk menggunakan yang dry tau justru nyaman dengan yang semi dry snorkle. Namun, untuk lebih bebas snorkling di dalam air dan bernafas saat menyelam, sebaiknya pilih dry snorkle.

Ketiga adalah fins atau kaki katak. Alat selam ini memiliki bentuk seperti kaki katak dan dapat berfungsi menambah laju ketika snorkling dan membantu pergerakan saat di air. Cara memilih fins yang tepat adalah:

  • Coba kenakan dan sesuaikan dengan ukuran kaki Anda. Gunakan untuk berdiri dan coba berjalan perlahan.
  • Pilih yang tidak terlalu kaku sehingga akan memudahkan Anda saat menggunakannya.
  • Jika Anda hendak membeli fins, pilih yang kondisinya mulus atau tidak cacat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *