Atasi Gigi Bungsu yang Sakit Dengan 4 Cara Ini

Gigi bungsu merupakan jenis gigi yang tumbuhnya paling terakhir. Bahkan tidak sedikit orang yang mengalami pertumbuhan gigi ini ketika sudah dewasa. Pertumbuhan gigi bungsu ini umumnya akan terasa sangat menyakitkan dan ngilu yang tidak tertahankan. Namun ada juga yang tidak pernah merasakan bagaimana ngilunya ketika gigi bungsu jenis ini tumbuh.

Gigi Bungsu

Gigi bungsu yang muncul ini sebenarnya tidak selalu membuat masalah. Bila ada ruang yang cukup dalam gusi Anda, maka gigi bungsu bisa muncul sepenuhnya tanpa adanya keluhan yang signifikan. Namun jika ruang pada rahang Anda cukup sempit, hal ini lah yang kemudian berpotensi membuat pertumbuhan gigi menimbulkan rasa sakit dan ngilu tak tertahankan.

Ya, saat rahang yang Anda miliki terlalu kecil maka gigi lain akan menghadang jalan keluar gigi bungsu tersebut. Gigi baru ini nantinya akan cenderung membelok, menyamping atau mungkin tak sejalan dengan garis gigi lainnya. Kondisi ini akan dialami saat gigi muncul ke atas, dimana gigi ini nantinya akan mendorong gigi yang berada di depannya agar mendapatkan ruang sebagai tempat gigi itu sendiri.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan ketika tumbuh gigi dan terasa sakit. Berikut ini akan disampaikan beberapa cara untuk mengatasi gigi bungsu yang sakit.

  1. Kumur air garam

Jika Anda berkumur dengan air garam, khusunya air garam yang hangat merupakan salah satu cara yang paling mudah dan paling efektif dalam menghilangkan sakit pada gigi yang baru tumbuh.

Caranya, siapkan segelas air hangat dan larutkan setengah sendok teh garam ke dalamnya. Lalu kumurlah dengan menggunakan air garam hangat tersebut selama beberapa menit. Lakukan berulang kali jika ingin ngilu benar-benar hilang.

  1. Obat kumur

Obat kumur ialah anti bakteri yang memiliki kandungan chlorhexidine dan tentu bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit akibat dari peradangan pada gusi Anda karena tumbuhnya gigi. Obat kumur ini dapat dengan mudah Anda temukan di apotek-apotek.

  1. Obat penghilang rasa nyeri

Tablet pereda nyeri sudah banyak bisa dibeli di apotek terdekat seperti paracetamol atau ibuprofen. Obat itu dapat meredakan sementara rasa sakit gigi bungsu Anda. Anda juga bisa membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda jika sakit yang dirasakan tidak kunjung reda dan hilang.

Nantinya dokter akan memberikan resep antibiotik yang berguna untuk mengatasi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Jadi jangan takut ke dokter gigi demi kenyamanan dan kesehatan Anda.

  1. Kompres dengan es

Jika ingin praktis, Anda bisa memanfaatkan es batu sebagai kompres. Manfaatkan handuk kecil untuk membungkus es batu atau celupkan handuk tersebut ke dalam air es. Setelah itu tempelkan pada bagian pipi yang sejajar dengan gigi bungsu. Rasa dingin dari es ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan rasa ngilu akan berangsur hilang.

Hindari mengompres dengan air panas karena ini justru membuat rasa ngilu semakin menjadi-jadi.

Demikian beberapa cara yang bisa digunakan untuk meredakan dan melegakan gigi bungsu yang baru tumbuh. Cara-cara di atas bisa terapkan jika ngilu gigi masih bisa ditoleransi. Namun jika masalah terus datang dan gigi bungsu atau gusi Anda masih saja sakit maka ada baiknya segera melakukan perawatan medis. Apabila gigi tumbuh ini ditangani dengan tepat, maka permasalahan gigi bisa segera teratasi.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *