Belum Pengalaman? Inilah Ciri-Ciri Hamil yang Sebaiknya Diketahui

Kehamilan merupakan suatu anugerah yang diidam-idamkan. Inilah mengapa ketika merasa ciri-ciri hamil sudah terasa, Anda dan pasangan akan sangat terharu bahagia.  Pasangan suami istri yang baru menikah tentu sangat menanti kehadiran si buah hati. Banyak persiapan yang dilakukan oleh pasangan suami istri untuk program kehamilan, seperti meminum susu pra-hamil, makan makanan yang bergizi, olahraga yang teratur, dan konsultasi dengan dokter kandungan.

Ciri Ciri Hamil

Kehamilan seringkali tidak diketahui kapan datangnya. Bagi mereka yang baru menikah, tentu akan merasa kebingungan dengan gejala yang dirasakan, apakah ini pertanda hamil atau hanya gejala sakit biasa. Telat haid merupakan salah satu tanda kehamilan. Namun bisa saja ketika dicek melalui test pack, ternyata hal tersebut bukanlah pertanda kehamilan.

Terlambat datang bulan tidak selalu menjadi pertanda awal kehamilan. Hal tersebut bisa jadi karena faktor lain, seperti pola makan yang salah, bawaan hormon yang sedang naik turun, stres berat, dan masih banyak faktor lainnya.

Oleh karena itu, mari kita simak gejala dan ciri-ciri hamil yang mungkin terjadi pada tubuhmu.

  1. Mudah Lelah

Mudah lelah bisa jadi pertanda awal kehamilan. Kelelahan terjadi karena meningkatnya progesterone dalam tubuh, meningkatnya detak jantung, dan perubahan sistem metabolism tubuh. Jangan mengkonsumsi kafein, karena akan membahayakan janin. Lebih istirahat yang cukup dan batasi aktifitas yang berlebihan.

  1. Muncul Bercak Darah

Bercak darah yang keluar dari vagina bisa menjadi gejala awal kehamilan. Warna bercak biasanya merah, merah muda, dan kecoklatan. Itu tandanya sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding rahim. Umumnya gejala ini berlangsung selama tiga hari disertai kram perut ringan.

  1. Perubahan Payudara

Tidak perlu khawatir jika tiba-tiba payudaramu membengkak. Bisa jadi gejala tersebut adalah tanda-tanda kehamilan. Akibat perubahan hormone, payudara menjadi bengkak dan biasanya terjadi di minggu ke 4 sampai dengan 6. Payudara menjadi lebih sensitive, padat, dan kencang. Putting akan menonjol serta berwarna lebih gelap dari biasanya.

  1. Susah Buang Air Besar

Kesulitan buang air besar atau konstipasi merupakan salah satu gejala awal kehamilan. Perubahan hormone kehamilan akan menyebabkan kerja sistem pencernaan melambat sehingga kamu bisa mengalami konstipasi.

  1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah biasanya terjadi pada 4 sampai 6 minggu kehamilan. Meski mual biasanya lebih sering terjadi di pagi hari, namun ada juga wanita lain yang mengalami mual muntah sepanjang hari.

Untuk mengatasi hal tersebut, hindari mencium aroma-aroma yang dapat memicu terjadinya mual, makan dengan porsi lebih sedikit namun sering, dan perbanyak minum air putih.

  1. Perubahan Pada Kulit Wajah

Ciri-ciri hamil berikutnya adalah perubahan pada kondisi kulit wajah. Volume darah meningkat dan banyak darah yang mengalir di pembuluh darah, sehingga kulit tampak memerah dan cerah berseri. Namun tidak semua ibu hamil mengalami hal ini. Sebaliknya wajah mereka malah timbul jerawat.

Ketika timbul jerawat, hindari penggunaan krim-krim yang dijual bebas di pasaran. Berkonsultasi ke dokter merupakan langkah yang lebih tepat.

  1. Ngidam

Sudah bukan jadi rahasia umum, ngidam menjadi salah satu pertanda adanya janin di perut kita. Biasanya, ibu hamil menjadi lebih banyak maunya, bahkan permintaannya pun aneh-aneh.

Pagi-pagi tiba-tiba ingin makan sate kelinci, lalu siang-siangnya ingin telur bebek. Namun ketika semuanya sudah tersedia di depan mata, ibu hamil mendadak menjadi tidak berselera. Ada yang pernah ngalamin?

Demikianlah 7 ciri-ciri hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *