Cara menghilangkan Biang Keringat dengan Bahan Alami

Bintik-bintik merah yang gatal itu disebabkan bakteri Staphylococcus epidermis yang hidup dan berkembang biak di permukaan kulit manusia. Bakteri ini dapat menghasilkan zat lengket yang akan melebur dengan keringat Anda. Hal tersebut yang membuat tersumbatnya saluran keringat. Biang keringat adalah ruam yang memiliki ukuran kecil berwarna merah dan mononjol dan dapat mengakibatkan rasa gatal dan menyengat pada kulit atau pada beberapa kasus akan terasa perih. Berikut ini akan diulas seputar cara menghilangkan biang keringat dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Cara menghilangkan biang keringat dengan cepat pasti banyak dicari oleh semua orang. Sebab biang keringat dapat menimbulkan kurangnya rasa percaya diri pada seseorang.

Cara Menghilangkan Biang Keringat

  1. Es batu

Biang keringat akan membuat kulit menjadi gatal, rasa gatal yang terjadi tersebut dapat diatasi dengan menggunakan es batu. Lalu Anda bisa menggosokkan es batu dan menekan dengan perlahan pada bagian ruam pada kulit yang terkena biang keringat. Rasa dingin dalam es batu akan dapat meredakan gatal karena biang keringat. Anda bisa melakukannya dengan rutin supaya biang keringat segara menghilang.

  1. Madu

Bahan alami yang satu ini sudah dikenal sebagai pelembab alami dan baik bagi kulit. Madu bisa menjadi salah satu cara mengatasi biang keringat. Caranya adalah dengan mengoleskan madu ke area kulit yang muncul biang keringat.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan madu dengan minyak jojoba jika ada, hal tersebut bisa menambah khasiat untuk menghilangkan biang keringat. Caranya oleskan ke seluruh area tubuh yang muncul biang keringat, lalu diamkan selama  15-20 menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

  1. Lidah Buaya

Bahan ini mudah ditemukan di pekarangan rumah dan bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan biang keringat yang Anda derita. Lidah buaya adalah salah satu tumbuhan yang memiliki khasiat untuk mengurangi biang keringat.

Caranya, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terkena biang keringat. Langkah yang mudah tersebut bisa dilakukan sebanyak tiga kali sehari supaya rasa gatal dan ruam akibat biang akan segera hilang.

  1. Soda Kue

Baking soda merupakan bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kue ternyata juga menjadi salah satu cara menghilangkan biang keringat. Anda bisa menggunakannya saat mandi dengan melarutkan kira-kira satu sampai dua sendok teh baking soda ke dalam air  yang digunakan untuk mandi.

Selain bisa mengurangi ruam akibat biang keringat, soda kue akan mengurangi gatal-gatal pada tubuh Anda. Dengan begitu Anda bisa bebas dari rasa panas yang disebabkan oleh biang keringat  tersebut.

  1. Kulit Pohon Beringin

Cara alami selanjutnya yang bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa gatal dan biang keringat adalah kulit pohon beringin. Anda hanya perlu mengikir bagian kulit pohon beringin saja, lalu di cuci sampai bersih dan jemur sampai kering. Setelah itu tumbuk kulit pohon beringin tersebut sehingga menjadi serbuk.

Cara penggunaannya, aplikasikan bubuk kulit pohon beringin tersebut ke bintik-bintik merah biang keringat, seperti saat menggunakan bedak. Cara tersebut dapat menjadi pilihan untuk mengilangkan rasa gatal, ruam dan panas akibat biang keringat.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan biang keringat yang menganggu. Cara menghilangkan biang keringat  secara alami menjadi pilihan bagi beberapa orang karena kandungan yang tidak berbahaya dan khasiat yang manjur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *