Ingin Renovasi Rumah Murah? Ikutilah 5 Tips Jitu Berikut Ini

Mungkin telah menjadi rencana sejak lama untuk merenovasi rumah. Entah dengan alasan jenuh dengan desain rumah atau karena sudah lama.

Mungkin telah menjadi rencana sejak lama untuk merenovasi rumah. Entah dengan alasan jenuh dengan desain rumah atau karena sudah lama ditempati sehingga ada bagian yang rusak. Terkadang renovasi rumah memang sangat diperlukan. Sebelum melakukan renovasi rumah hal yang perlu dilakukan adalah membuat perencanaan dengan detail. Hal ini untuk menghindari pembengkakan biaya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencari info mengenai renovasi rumah murah.

Renovasi Rumah

Memang tidak sedikit biaya yang dibutuhkan untuk renovasi rumah. Terkadang malah biaya yang dikeluarkan melebihi biaya yang sudah direncanakan. Supaya biaya yang sudah dianggarkan bisa dicapai secara maksimal, maka pengetahuan tentang cara renovasi rumah wajib Anda pahami. Dengan memadukan antara kebiasaan, pengetahuan mengenai dasar-dasar renovasi maka akan menghasilkan sebuah pengetahuan baru.

Berikut adalah tips renovasi rumah murah yang bisa Anda lakukan apabila ingin segera mewujudkan impian untuk renovasi rumah.

Membuat Skala Prioritas untuk Menghindari Pembengkakan Biaya

Jika bisa jangan sampai mengikuti kata hati atau bahkan saran yang diberikan oleh tukang. Karena hal ini akan menambah biaya yang dikeluarkan, bahkan bisa-bisa renovasi belum selesai biaya sudah habis. Inilah manfaat membuat skala prioritas dalam melakukan renovasi rumah.

Memang terkadang godaan-godaan datang silih berganti. Ingin menambah ini dan ingin menambah itu. Tapi tetap fokuskan pada skala prioritas yang sudah Anda buat. Apabila tidak memfokuskan pada skala prioritas, sudah bisa dipastikan biaya yang akan dikeluarkan akan melebihi yang telah direncanakan. Sedangkan budget yang disipkan sangat terbatas.

Menggunakan Bahan Bangunan “Bekas” yang Masih Layak Pakai

Mungkin masih terdapat beberapa bahan bangunan bekas renovasi yang sudah tidak dipakai lagi, namun bahan tersebut masih layak untuk dipakai kembali. Dan bahan tersebut masuk dalam kategori bahan yang ikut direnovasi. Tidak ada salahnya jika menggunakan kembali bahan bangunan bekas yang kondisinya masih bagus. Misalnya pintu, genteng, jendela dan lain sebagainya.

Bahan tersebut masih bisa diselamatkan dengan mengecat ulang atau dipoles dengan venis atau politur agar terlihat baru lagi. Untuk mempercantik interior rumah Anda bisa menggunakan kembali marmer bekas. Tidak masalah barang bekas namun tampilan rumah tetap cantik. Dengan memanfaatkan bahan bangunan bekas yang masih layak pakai, akan lebih menghemat pengeluaran Anda.

Teliti Dalam Memilih Kontraktor atau Tukang

Apabila sebelumnya Anda sudah pernah mempekerjakan tukang atau kontraktor, sebaiknya terus konsisten untuk menggunakan jasa mereka. dengan seperti ini, mereka akan mudah memberikan keringanan dan mau diajak negoisasi harga. Karena mereka merasa Anda mempercayakan kepada mereka dan puas dengan hasil kerjanya. Namun jika belum pernah, sebaiknya Anda membandingkan beberapa kontraktor sebelum mulai memperkerjakan.

Disamping membandingkan harga, hal yang lebih penting lagi adalah mengetahui kinerja mereka. Jangan sampai biaya menjadi membengkak akibat salah pilih kontraktor. Mungkin Anda bisa meminta referensi pada teman atau keluarga yang sudah pernah menggunakan jasa tukang.

Menghindari Renovasi Rumah Saat Musim Hujan

Sebaiknya hindari renovasi rumah saat musim hujan apabila tidak menginginkan biaya renovasi yang dikeluarkan banyak. Karena kemungkinan besar proses pengerjaan renovasi akan terganggu dengan turunnya hujan. Akibat dari kendala tersebut maka waktu pengerjaan akan tertunda dan biaya tukang akan membengkak.

Menggunakan Konsep Renovasi yang Tidak Mahal     

Dalam merencanakan renovasi rumah hal yang biasa dilupakan adalah kecerdasan dan ketelitian dalam menentukan konsep renovasi. Padahal hal ini sangat diperlukan. Sebisa mungkin Anda mencari konsep yang tidak menguras biaya banyak. Untuk menekan biaya renovasi, misalnya bisa memilih material kayu kamper. Hindari mengikuti keinginan untuk membuat bangunan besar jika biaya yang disiapkan terbatas.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda jadikan solusi bagi yang sedang pusing memikirkan anggaran biaya renovasi rumah. Segera renovasi rumah Anda sebelum semakin rusak. Jika Anda tepat dalam menjalankan tahapan renovasi rumah murah maka impian memiliki rumah yang fresh akan terwujud. Selain hemat juga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *