Lakukan Tindakan Perawatan Pasca Operasi Total Knee Replacement

Pasca operasi total knee replacement atau penggantian lutut total, pasien memperoleh penanganan medis untuk mengembalikan kondisi hingga benar-benar pulih. Tindakan.

Pasca operasi total knee replacement atau penggantian lutut total, pasien memperoleh penanganan medis untuk mengembalikan kondisi hingga benar-benar pulih. Tindakan pasca operasi apa saja yang harus dilakukan? Tim medis akan mengarahkan pasien mengenai tindakan perawatan tersebut. Inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Lutut

  1. Menghilangkan Efek Anestesi

Setelah berhasil melalui masa operasi, tentunya penanganan medis tak berhenti sampai di situ. Setiap pasien akan mendapatkan penanganan lanjutan berupa tindakan perawatan pasca operasi. Sebagai pasien, Anda akan dipindahkan ke ruang pemulihan untuk menghilangkan efek anestesi dengan cara latihan pernapasan dan mengonsumsi obat pereda nyeri.

  1. Melakukan Gerakan Ringan

Tindakan perawatan kedua yang akan ditempuh adalah proses rawat inap. Setelah berada selama kurang lebih setengah jam di ruang pemulihan, Anda akan dipindahkan ke ruang perawatan untuk menjalani rawat inap. Di ruang ini, Anda akan diberikan perawatan khusus sampai kondisi benar-benar pulih, terutama di bagian lutut.

Ahli fisioterapi yang ada di rumah sakit akan mendampingi Anda melakukan berbagai gerakan ringan sebagai awal untuk mengaktifkan anggota gerak pasca operasi. Efek anestesi yang memberikan rasa lemas akan hilang secara perlahan dengan mengaktifkan kembali syaraf-syaraf anggota gerak, seperti menggerakkan jari tangan, jari kaki, dan sebagainya.

  1. Melakukan Latihan Drop and Dangle

Selanjutnya, Anda bisa melakukan latihan drop and dangle, tepatnya dimulai satu hari setelah operasi. Apakah itu? Latihan ini juga dipandu oleh fisioterapis. Rangkaian latihannya adalah latihan untuk bangun dari tempat tidur, duduk, turun dari tempat tidur dengan bantuan kruk atau bingkai, dan berjalan beberapa langkah.

Latihan ini bisa dilanjutkan di rumah ketika sudah diperbolehkan rawat jalan. Anda bisa menyewa jasa fisioterapis. Mengenai biaya, Anda bisa mengajukan klaim asuransi atau menggunakan kartu sehat untuk mendapatkan keringanan biaya mengingat sudah mengeluarkan biaya operasi TKR yang tidak sedikit.

  1. Melakukan Pergerakan Lutut

Tindakan yang terpenting setelah operasi total knee replacement adalah melakukan pergerakan lutut. Kegiatan ini juga dipandu oleh fisioterapis yang berpengalaman. Lakukanlah latihan ini secara intensif guna melatih sendi lutut agar kuat dan tidak kaku jika digunakan untuk bergerak.

Teknis dalam latihan ini adalah Anda bisa menekuk dan meluruskan lutut secara perlahan. Setelah itu, berlatihlah untuk berjalan sedikit demi sedikit dengan bantuan kruk dan pengawasan dari fisioterapis. Alat bantu jalan berupa kruk atau bingkai tersebut bisa dibeli di fisioterapis dan tidak termasuk biaya operasi TKR.

Langkah masuk dan keluar tempat tidur juga bisa dilakukan. Jika sudah lelah berjalan, duduklah di kursi. Latihan untuk duduk juga bisa melatih kekuatan otot dan sendi lutut. Anda dapat meningkatkan lama waktu berjalan dari hari ke hari agar cepat terbiasa dan persendian di lutut kembali normal.

  1. Beristirahat Cukup

Istirahat yang cukup tentunya sangat diperlukan bagi setiap pasien. Meskipun diharuskan untuk melakukan latihan fisik tersebut, Anda tidak boleh lupa waktu hingga tidak beristirahat. Lakukan istirahat aktif dengan tidur yang cukup dan tepat waktu. Hal ini akan menyeimbangkan sistem tubuh.

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Pola  makan yang sehat tentu saja sangat dianjurkan untuk menunjang pemulihan kondisi fisik. Selama menjalani rawat inap, tentu saja Anda sudah diberikan makanan sehat yang diolah secara khusus untuk pasien pasca operasi. Ketika sudah pulang ke rumah, Anda tetap harus mengonsumsi makanan sehat dan tepat waktu.

Tindakan pasca operasi total knee replacement memang sangat kompleks, mulai dari latihan bergerak aktif, mengatur pola makan, serta memperhatikan waktu istirahat. Meskipun banyak hal yang harus diperhatikan, Anda harus melakukannya demi kesembuhan total. Cara kerja sendi lutut akan normal kembali dengan latihan gerak yang rutin dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *