Migrasi Listrik Pascabayar ke Prabayar

Sebagaimana yang telah diketahui oleh banyak orang, dalam beberapa tahun terakhir PLN mulai mengubah sistem  pembayaran ‘tradisionalnya’ alias pasca bayar.

Sebagaimana yang telah diketahui oleh banyak orang, dalam beberapa tahun terakhir PLN mulai mengubah sistem  pembayaran ‘tradisionalnya’ alias pasca bayar menjadi sistem pembayaran pulsa (lazim disebut token) atau pasca bayar. Sistem yang memudahkan anda dengan cara isi token listrik ini, kami yakin akan mengubah wajah dunia per-listrikan di Indonesia.

Listrik Prabayar Sepulsa

Artikel ini khusus dibuat bagi anda yang saat ini masih menggunakan sistem pembayaran yang lama, namun ingin mengubah sistem pembayarannya menjadi yang terbaru alias migrasi sistem. Nah jadi bukan hanya kartu SIM ponsel anda saja yang perlu di-migrasi- kan, tapi cara pembayaran listrik anda pun ternyata bisa di-migrasi- kan.

Meski demikian ternyata migrasi bayaran listrik ini tidak semudah migrasi kartu SIM ponsel anda. Ada beberapa langkah yang harus anda pastikan terlebih dahulu sebelum anda bisa mulai menikmati layanan terbaru dari PLN ini. Tapi tenang saja kami yakin kok langkah-langkah ini seluruhnya tidak rumit dan sama sekali tidak memberatkan anda. Toh hal ini untuk kebaikan anda sendiri bukan?

Langkah-Langkah Migrasi Listrik Pasca bayar ke Pra bayar

Sebelum anda bisa memulai memohon penggantian sistem pembayaran anda kepada PLN, anda tentu saja harus menjadi pelanggan yang baik. Menjadi pelanggan yang baik di sini berarti anda harus taat membayar tagihan listrik anda sebelumnya.

Hal ini sebenarnya dikhususkan bagi anda yang karena satu dan lain hal harus menunggak biaya listrik anda. Lagipula tidak ada kebijakan khusus dari PLN terkait hal ini. Hanya saja kami amat menyarankan anda yang menunggak biaya listrik sebelumnya untuk membayarkan seluruhnya. Karena jika anda tidak membayarkannya dengan segera, alih-alih permohonan anda diterima, anda pasti akan disuruh membayar tagihan plus denda yang masih ada saat ini.

Nah jika anda sudah membayar seluruh kewajiban anda sebagai konsumen yang baik, anda bisa langsung maju ke langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya adalah dengan cara menyiapkan segala jenis dokumen yang anda butuhkan untuk migrasi. Dokumen tersebut adalah berupa KTP asli anda sebagai pemohon, serta fotokopi KTP pemilik rumah atau penanggung jawab rumah yang ingin dilakukan migrasi.

KTP ini kemudian akan digunakan oleh PLN sebagai identitas pelanggan yang bermigrasi. Identitas ini lebih detilnya diambil dari nomor KTP pemilik rumah atau penanggung jawab bangunan yang pembayaran listriknya ingin di-migrasi- kan.

Konsekuensinya adalah si pemilik rumah tersebut harus datang bertemu petugas PLN secara langsung, atau diwakili oleh orang lain yang ditunjuk khusus oleh orang tersebut dengan membawa surat kuasa. Yah meski terdengar ribet namun memang hal ini terkait birokrasi, jadi kita laksanakan saja tanpa perlu mengeluh.

Oh ya, sebelum kami lupa, anda juga harus membawa materai Rp 6.000,- kira-kira tiga lembar atau empat lembar untuk berjaga-jaga nantinya jika diharuskan menandatangani berbagai macam berkas di atas materai tersebut.

Setelah semua persiapan sudah anda lakukan, anda bisa menghubungi pusat layanan PLN untuk memohon migrasi prabayar menjadi pasca bayar. Biasanya via telpon anda akan ditanya beberapa hal yang umum. Beberapa pertanyaan tersebut misalnya seputar kondisi listrik yang ada di rumah anda hingga beberapa penawaran untuk meningkatkan daya listrik rumah anda. Setelah itu barulah anda akan diminta untuk datang ke kantor-kantor cabang PLN di daerah anda tentu saja dengan membawa dokumen-dokumen yang sudah anda siapkan di tahap sebelumnya.

Terkait biaya penambahan daya sekaligus pemasangan meteran baru ini anda akan dikenakan biaya yang beragam, oleh karena itu kami menyarankan anda untuk banyak-banyak bertanya terkait hal ini kepada petugas PLN saat itu, serta cermat dalam menandatangani apapun di kantor PLN (terutama terkait pembiayaan). Jangan sampai anda tidak cermat dan anda kemudian diwajibkan membayar biaya tambah daya yang memang cukup menguras kantong.

Sampailah kita di tahap terakhir, yakni menunggu! Ada beberapa hal yang membuat anda harus menunggu. Hal ini sebenarnya terkait dengan verifikasi oleh PLN berkaitan dengan pemasangan dan migrasi listrik anda. PLN harus memastikan dengan cermat kondisi listrik di rumah anda, serta di lingkungan sekitar anda.

Terkait verifikasi lingkungan maka anda harus banyak-banyak berdoa. Jika ternyata sarana yang ada belum menunjang, maka anda mungkin saja menunggu penggantian ini mulai dari 2 minggu hingga 1 bulan hari kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *