Cegah Diabetes Dengan Makanan Dan Minuman Penurun Gula Darah

Diabetes mellitus atau yang dikenal juga dengan kencing manis merupakan penyakit dimana gula darah di dalam darah terlalu tinggi, hal.

Diabetes mellitus atau yang dikenal juga dengan kencing manis merupakan penyakit dimana gula darah di dalam darah terlalu tinggi, hal ini disebabkan karena insulin tidak mampu mengontrol tingginya

Makanan Untuk Diabetes

gula darah, atau pada tipe 1 tubuh tidak memproduksi insulin, sehingga  gula darah terlalu tinggi.

Pada jaman sekarang ini diabetes tipe 2 semakin meningkat, hal ini disebabkan karena gaya dan pola hidup yang semakin tidak sehat, misalnya seperti kurangnya olahraga, kemudian ditambah dengan banyaknya konsumsin makan makanan yang manis.

Beberapa gejala Diabetes tipe 2 seperti :

  • rasa haus yang berlebihan
  • sering buang air kecil, biasanya pada malam hari
  • secara tidak jelas berat badan turun tiba-tiba
  • banyak makan

Ada beberapa makanan dan minuman yang terbukti dapat mencegah penyakit diabetes, diantaranya adalah :

  1. Yoghurt

Yoghurt yang dimaksud disini adalah yoghurt yang tidak mengandung lemak, penelitian yang dilakukan Dr. Frank Hu menyatakan bahwa yoghurt tanpa lemak terbukti dapat mengurangi resiko diabetes hingga 18%.

  1. Oatmeal

Di Indonesia oatmeal mungkin bukan makanan pokok, walaupun sebenarnya oatmeal juga sangat cocok sebagai pengganti nasi, hal ini dikarenakan serat pada oatmeal juga cukup tinggi. Selain itu glukosa atau gula didalamnya tidak sama dengan nasi, walaupun sama-sama makanan penambah karbohidrat, jika Anda ingin mengonsumsi oatmeal dengan tujuan menghindari gula darah tinggi, maka tidak disarankan menambah gula di dalamnya.

  1. Bayam

Bayam memilki kandungan lutein di dalamnya, lutein sendiri bermanfaat untuk menormalkan kembali gula darah dalam tubuh. Karena itu bayam juga cocok untuk di konsumsi oleh siapa saja.

  1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menurunkan kadar lippoproten LDL di tubuh. Tingginya LDL dapat menyebabkan kegemukan dan penimbunan lemak, sedangkan kegemukan yang diakibatkan oleh penimbunan lemak jahat dapat mengakibatkan resiko terkena diabetes.

  1. Bawang Putih

Pada bawang putih ada berbagai kandungan sehat yang terkandung didalamnya, seperti vitamin B1, A, dan protein, kandungan menyehatkan didalamnya ini dapat membantu menormalkan kadar gula darah dalam tubuh, selain itu bau menyengat pada bawang putih atau yang disebut juga dengan senyawa allisin memiliki manfaat untuk mengurangi gejala diabetes.

  1. Glucoscare Tea

Glucoscare tea atau teh glucoscare tea memiliki kandungan tanaman gymnema sylvestre dan camellie sinesis, dua tanaman ini sudah dikenal sejak berabad-abad yang lalu sebagai teh terapi untuk penderita diabetes. Teh ini dapat mengurangi penyerapan gula berlebih di dalam tubuh, selain itu berfungsi juga menurunkan kadar gula dalam darah. Glucoscare tea bisa Anda dapatkan melalui link ini : Teh Herbal Untuk Diabetes Gluscoscare Beli Di Sini

  1. Beras Merah

Beras merah sudah lama dikenal sebagai pengganti beras putih untuk penderita diabetes, hal ini dikarenakan kadar gulanya yang lebih sedikit dibandingkan beras putih.

  1. Buah Buahan

Selanjutnya adalah buah-buahan, contoh buah-buahan yang cocok seperti buah naga, apel hijau, alpukat, jambu air, dan belimbing wuluh, tapi jika Anda ingin menjadikannya jus, sebaiknya jangan ditambahkan gula didalamnya

Jika Anda sudah terlanjur terkena diabetes sebaiknya segera ganti beras putih Anda dengan makanan pokok yang lain seperti beras merah, kentang, ubi jalar, gandum, atau ketela pohon.

Selain itu bagi Anda yang masih sehat, sebaiknya jaga kesehatan dengan tidak memakan makanan yang manis secara berlebihan, ditambah dengan olahraga dan istirahat yang cukup agar gula darah tetap terjaga, itulah dia artikel mengenai makanan untuk diabetes, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *