Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Saat ini laptop sudah menjadi kebutuhan yang utama untuk masyarakat. Beragam pekerjaan bisa lebih terbantu dengan adanya laptop. Misalnya untuk.

Saat ini laptop sudah menjadi kebutuhan yang utama untuk masyarakat. Beragam pekerjaan bisa lebih terbantu dengan adanya laptop. Misalnya untuk pelajar ataupun mahasiswa, laptop sangat membantu dalam proses belajar. Sedangkan untuk karyawan kantoran, laptop sangat berguna untuk menyelesaikan pekerjaan.

Namun, keinginan untuk membeli laptop terkadang terkendala dana. Maka dari itu, salah satu solusi yang tepat yaitu dengan mempunyai laptop dengan membeli laptop yang bekas. Hal ini bukan hal yang mudah, mengingat ada banyak resiko ketika membeli barang bekas. Tentunya barang bekas ini memiliki sisi minus daripada barang baru.

Laptop Berkualitas

Nah, agar Anda tidak salah pilih dalam membeli laptop bekas, berikut terdapat beberapa tips untuk membeli laptop bekas namun tetap berkualitas.

Mengecek Harga Pasar

Ketika Anda membeli laptop bekas, sebelumnya lakukan survey harga terlebih dahulu untuk merek dan jenis laptop yang akan dibeli. Walaupun harga untuk laptop second tidak pasti, namun setidaknya Anda dapat memperkirakan berapa kisaran laptop bekas tersebut. Harga laptop yang ditawarkan tergantung dari kondisi barang. Jika Anda sudah punya patokan harga, tentunya akan berguna ketika melakukan negosiasi dengan penjual.

Banyak tempat yang bisa Anda jadikan tempat survey harga, misalnya forum-forum pengguna laptop merek tertentu atau Anda juga bisa memantau harga yang ada di pasaran. Biasanya harga laptop bekas itu muncul di berbagai website atau marketplace yang menjual barang second.

Jika Anda sudah mengetahui kisaran harga dari laptop yang diinginkan, maka bisa menyesuaikan dengan dana yang ada. Jika sekiranya harganya terlalu tinggi, Anda bisa mencari laptop bekas sesuai dengan budget yang dimiliki.

Memeriksa Kondisi Bodi Laptop

Setiap barang bekas, tentu memiliki sisi minusnya. Hal yang bisa dilakukan adalah mencari laptop bekas dengan sisi minus seminimal mungkin.  Melihat kondisi fisik luar dari laptop yang akan dibeli cukup penting. Lihatlah apakah ada lecet atau retak di badan laptop. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan laptop bekas dengan bodi yang mulus.

Melihat kondisi dari bodi laptop bisa menggambarkan pemilik sebelumnya, jika bodi laptop mulus, berarti pemilik lama laptop tersebut paham cara merawat laptop dengan baik. Ini menjadi satu tanda yang baik bahwa laptop tidak pernah dibawa ke tempat ekstrem yang dapat merusak bodi laptop. Hanya dipakai di tempat indoor atau di tempat outdoor tetapi di tempat yang bersih.

Mengecek keutuhan segel

Tips selanjutnya yang cukup penting yaitu memeriksa kondisi segel pada bagian bawah laptop. Segel ini biasanya ditempatkan pada atas baut yang mengunci laptop. Kondisi segel yang utuh menunjukkan jika laptop belum pernah bermasalah. Misalkan pernah diservis, segel utuh adalah tanda jika laptop diperbaiki di tempat servis yang resmi.

Jika segel utuh masih ada pada laptop, Anda bisa menanyakan pada penjual apa saja perbaikan yang pernah dilakukan. Jika hanya mengganti hardisk dengan kapasitas lebih besar, maka tidak akan bermasalah. Tetapi jika perbaikan hingga mengganti motherboard, lebih baik carilah laptop lain daripada mendapat masalah ketika sudah membeli laptop tersebut.

Itu dia beberapa cara tepat untuk membeli laptop bekas namun tetap berkualitas. Tetap teliti dalam memilih laptop yang akan dibeli, agar tidak menyesal ketika sudah membelinya. Jika Anda ingin mengetahui berbagai informasi mengenai teknologi seperti tentang komputer, handphone, kamera, atau yang lainnya bisa langsung mengecek website http://gadgetletic.com/. Disana terdapat banyak informasi menarik yang akan menambah pengetahuan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *