Tips Merawat AC Agar Awet Hingga Bertahun-Tahun

Bukan saja membuat kinerja AC lebih terjaga dan bisa awet hingga bertahun-tahun, servis rutin juga bikin pendingin udara jadi lebih.

Bukan saja membuat kinerja AC lebih terjaga dan bisa awet hingga bertahun-tahun, servis rutin juga bikin pendingin udara jadi lebih sehat.

Servis AC

Kini AC atau pendingin ruangan sudah menjadi kebutuhan utama setiap orangnya, khususnya mereka yang tinggal di daerah yang panas atau di dataran rendah. Misalnya di daerah kota besar yang rawan polusi dan membuat udara jadi panas, pendingin udara sudah menjadi barang yang wajib ada di setiap ruangan. Karena itu, agar unit pendingin udara lebih terawat dan hembusan udara yang dikeluarkan juga lebih sehat, maka kegiatan service AC jadi kegiatan rutin yang tidak bisa ditinggalkan.

Biasanya AC akan mengalami gejala-gejala gangguan di usia pakai 2-4 tahun. Di masa-masa itu fungsi dan kegunaanya sudah mulai menyusut. Maka dari itu anda harus merawat dan memelihara AC tersebut dengan benar, agar AC lebih awet digunakan dan bisa tahan sampai bertahun-tahun lamanya. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat AC agar tidak mudah rusak.

  1. Menggunakan timer

 Anda bisa menggunakan timer yang ada pada AC tersebut setiap dinyalakan, sehingga AC akan mati otomatis tepat pada waktunya. Anda bisa menyetel timer tersebut sesuai dengan kebutuhan, berapa lama AC akan digunakan. Dianjurkan untuk memakai AC maksimal 5 jam dalam 1 kali pemakaian, setelah itu anda bisa membiarkan AC dingin kembali.

Fitur timer AC ini akan membantu menjaga mesin AC agar tidak cepat rusak, dan sebaiknya anda tidak sering-sering mengatur suhu AC di bawah suhu 22 derajat. Karena jika hal itu terjadi maka AC akan menjadi cepat panas, apalagi suhu 22 derajat merupakan suhu yang paling pas untuk iklim tropis di Indonesia.

  1. Membersihkan bagian filter AC

 Dianjurkan untuk selalu membersihkan filter AC dengan rutin, minimal 1-2 bulan sekali untuk membersihkan filter AC tersebut. tetapi jika filter AC anda terlanjur kotor maka anda bisa mengganti filternya dengan yang baru. Mengapa filter AC harus rutin dibersihkan, karena debu atau kotoran yang menumpuk pada filter akan menghalangi aliran udara.

Jika aliran udara pada filter AC terganggu fungsinya, maka akibatnya AC pun akan mudah rusak. Oleh karena itu sebaiknya filter AC lebih rutin dibersihkan, untuk menjaga keawetan AC anda di rumah. Sehingga tidak mudah rusak dan tidak harus sering-sering memanggil tukang servis AC.

  1. Membersihkan kumparan AC

Selain bagian filternya yang harus sering dibersihkan adalah bagian kumparan AC, anda juga harus memerhatikan bagian kumparan ini. karena debu juga sering kali menumpuk di bagian kumparan, sehingga AC sering tidak berfungsi dengan baik. Debu yang menumpuk di bagian kumparan ini, dapat menyebabkan kemampuan AC berkurang dalam menyerap panas.

Hal ini dapat menyebabkan AC menjadi kelebihan beban dan bahkan bisa menimbulkan korslet. Periksakan kumparan pada AC anda secara rutin, dan setiap tahun dibersihkan agar debu tidak menumpuk di sana dan AC anda bisa awet dipakai lebih dari 4 tahun lamanya. Serta tidak memerlukan perbaikan atau reparasi karena unit selalu dalam keadaan baik.

  1. Memeriksa thermostat

Thermostat atau pengatur suhu pada AC juga harus selalu diperiksa, hal itu dilakukan untuk memastikan apakah AC berjalan dengan baik dan untuk menjaga temperatur ruangan agar tetap stabil. Bahkan anda bisa mengatur thermostat yang lebih tinggi, jika di rumah sedang tidak ada orang atau sedang tidak ada kegiatan.

  1. Mengecek kipas

Kipas yang terdapat pada AC juga merupakan hal yang juga penting untuk diperiksa, periksalah kipas yang berada di bagian atas unit kondensator bagian luar. Pastikan juga kipas AC anda masih berada dalam kondisi yang baik, jika terdapat retakan atau pecah sebaiknya ganti kipas dengan yang baru.

Merek AC yang baik adalah merk yang memiliki jaminan purnajual yang teruji. Salah satu merk AC yang memberikan hal tersebut adalah AC Gree. Sebagai “Pelopor AC Canggih”, AC Gree memiliki layanan servis yang berbeda dibanding merek lain, terlebih tentang garansi. Tidak tanggung-tanggung, merk AC asal Tiongkok ini memiliki jaminan tambahan 1 tahun ganti produk baru. Ditambah lagi Golden Warranty selama tiga tahun untuk pergantian suku cadang dan lima tahun untuk pergantian kompresor. Menjamin bukan?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *